Meningkatnya kebutuhan alat pelindung diri membuat banyak jasa konveksi Surabaya berimprovisasi untuk dapat berperan serta memenuhi kebutuhan tersebut, yang kian hari semakin bertambah jumlahnya. Agar alat pelindung diri (APD) yang dipesan dari jasa konveksi dapat memenuhi kebutuhan yang memesan, berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan pada saat memesan perlengkapan tersebut.

Semenjak merebaknya wabah Covid-19, kebutuhan perlengkapan alat pelindung diri meningkat dengan drastis, baik untuk keperluan petugas medis, juga untuk petugas lapangan non medis. Terutama di kota-kota besar Indonesia, seperti di Surabaya, yang memiliki sejumlah wilayah dengan penduduk padat, kebutuhan APD semakin terasa, terutama bagi petugas medis yang hampir setiap harinya harus berjuang menangani pasien pada fasilitas – fasilitas kesehatan.

Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan, untuk mencukupi kebutuhan alat pelindung diri bagi petugas medis, yang bertugas pada fasilitas kesehatan yang menangani pasien – pasien terduga Covid-19. Namun demikian upaya tersebut masih belum cukup untuk memenuhi kebutuhan perlengkapan tersebut.

Tidak hanya petugas atau tenaga medis yang menangani pasien – pasien penderita maupun terduga Covid-19, petugas – petugas lapangan lain yang aktif menunjang kelancaran tugas tenaga medis tersebut, juga membutuhkan perlengkapan yang dapat mencegah diri mereka tertular oleh virus yang tengah mewabah tersebut. Sehingga tidaklah mengherankan jika sampai saat ini, dari berbagai upaya yang dilakukan pemerintah, masih belum dapat mencukupi kebutuhan alat pelindung diri tersebut.

Kabar baiknya, beberapa usaha konveksi maupun garment yang tersebar di wilayah Indonesia, termasuk jasa konveksi di Surabaya, sudah berhasil merintis pembuatan alat pelindung diri yang terbuat dari bahan tekstil. Sehingga memberikan harapan bagi petugas yang tengah berusaha menanggulangi dampak wabah Covid -19.

Dengan telah berhasilnya desain alat pelindung diri yang dapat dibuat oleh jasa konveksi Surabaya menjadi salah satu perlengkapan yang dapat digunakan oleh petugas – petugas yang berperan aktif dalam penanggulangan wabah Covid-19, khususnya di Jawa Timur, kebutuhan perlengkapan tersebut mulai dapat tercukupi.

Situasi selanjutnya yang perlu menjadi perhatian adalah spesifikasi alat pelindung diri yang perlu dibuat oleh jasa konveksi maupun garment yang menerima pesanan pembuatan perlengkapan tersebut. Sehingga perlengkapan pengaman tersebut dapat berfungsi sesuai maksud dan tujuannya dibuat.

Spesifikasi Alat Pelindung Diri

Alat pelindung diri yang dapat dibuat oleh jasa konveksi Surabaya biasanya berupa : baju hazmat, masker dan penutup sepatu. Sesuai dengan maksud dan tujuan penggunaannya, perlengkapan tersebut harus mengikuti standar tertentu, yang telah ditetapkan. Karena perlengkapan tersebut harus dapat diandalkan oleh para petugas yang terlibat dalam penanganan Covid-19, dengan demikian mereka dapat melaksanakan tugasnya tanpa harus khawatir tertular.

Menurut standar yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan, beberapa alat pelindung diri yang dapat dibuat oleh jasa konveksi Surabaya, setidaknya perlu memenuhi persyaratan sebagai berikut :

Masker bedah

Masker bedah berfungsi untuk mengamankan penggunanya dari resiko penularan yang berasal dari cipratan cairan, darah, maupun partikel yang terbawa melalui udara. Perlengkapan ini tidak disarankan untuk digunakan oleh petugas yang berhubungan langsung dengan pasien yang sudah dinyatakan positif terkena Covid-19, namun sebagai perlengkapan pencegahan.

Masker bedah harus dibuat dengan bahan yang dapat menyaring sekitar 98% bakteri, seperti kain non woven atau Non woven spunbond meltblown spunbond. Selain itu perlengkapan ini harus dibuat dengan rancangan yang tidak menyulitkan penggunanya untuk bernafas serta tidak menjepit wajah penggunanya.

Gaun Sekali Pakai

Gaun ini digunakan untuk melindungi tubuh bagian depan, lengan serta sebagian dari kaki. Standarnya serupa dengan masker bedah, harus dapat menahan penularan yang berasal dari cipratan cairan, darah, maupun partikel yang terbawa melalui udara.

Perlengkapan ini dapat dibuat dari material non woven juga atau serat sintetik, seperti bahan polyetilen, dupont tyvex, polypropilen atau polyester, dengan rancangan yang tidak menyulitkan gerak pemakainya..

Coverall Medis

Coverall Medis merupakan alat pelindung diri yang menutup seluruh tubuh penggunanya, kecuali bagian muka, tangan dan kaki. Pakaian ini biasa disebut juga sebagai baju hazmat, dengan standar paparan SNI kelas 3.

Bahan pembuatnya dari bahan non woven serupa seperti gaun sekali pakai, namun dengan pori – pori sebesar 0.2-0.54 mikron, agar dapat menahan virus Covid yang berukuran antara 0,25 – 2,5 mikron.

Penutup Sepatu

Perlengkapan ini digunakan untuk menutupi sepatu petugas agar tidak terkena cipratan cairan atau darah dari pasien terduga Covid. Bahan standarnya dari material tahan air seperti kain Non Woven Spun.

Semua perlengkapan pengaman yang disebutkan di atas, ditujukan bukan untuk digunakan oleh petugas yang bersentuhan langsung dengan pasien yang sudah dinyatakan positif Covid-19, karena perlengkapan yang diperlukan untuk keperluan tersebut memerlukan bahan dan desain dengan standar keamanan yang lebih tinggi lagi. Sehingga perlengkapan tersebut di atas, masih dapat dibuat oleh jasa konveksi Surabaya, yang perlengkapan produksinya belum selengkap dan secanggih pabrik garmen khusus alat kesehatan.

Selain itu jenis alat pelindung diri di atas bersifat sekali pakai, hal inilah yang menjadi salah satu faktor yang menyebabkan tingginya kebutuhan perlengkapan tersebut bagi petugas yang terlibat dalam penanganan wabah Covid-19.

Memesan APD Dari Jasa Konveksi Surabaya

Kebanyakan jasa konveksi Surabaya dapat mengerjakan pesanan alat pelindung diri seperti yang telah disampaikan di atas. Namun karena kebanyakan dari usaha konveksi yang ada di Surabaya masih bersifat industri rumah tangga, maka ada hal – hal yang perlu diperhatikan, agar pesanan perlengkapan yang dibuat hasilnya dapat sesuai dengan kebutuhan yang dipesan.

Standar Bahan

Seperti yang sudah diuraikan di atas, bahan pembuat APD yang memenuhi kelayakan standar keamanan medis, belumlah tentu tersedia pada setiap usaha konveksi yang ada di Surabaya. Untuk itu pastikan bahan tersebut tersedia pada penyedia jasa konveksi yang akan digunakan, atau pemesan dapat menyediakan bahan tersebut untuk dibuat oleh jasa konveksi Surabaya yang digunakan jasanya.

Desain APD

Sekalipun desain alat pelindung diri terlihat sederhana, namun agar memenuhi standar keamanan medis, perlu mengikuti pola atau desain yang telah teruji. Agar kualitas maupun standarnya sesuai dengan yang dibutuhkan, sebaiknya pemesan terlebih dahulu menyiapkan desain atau pola perlengkapan yang akan dipesannya. Dengan demikian jasa konveksi Surabaya yang dipekerjakan tinggal mengikuti pola yang sudah disediakan.

Waktu Pembuatan

Alat Pelindung Diri yang berkualitas tentunya perlu dibuat dengan ketelitian tinggi, sehingga akan memakan lebih banyak waktu pada saat pembuatannya. Sehingga proses pembuatan perlengkapan ini tidak boleh dilakukan secara terburu – buru.

Apabila jumlah alat pelindung diri yang dipesan jumlahnya cukup besar, dan segera dibutuhkan dalam waktu yang singkat, pemesan dapat mengatasinya dengan membagi pekerjaannya dengan menggunakan beberapa jasa konveksi sekaligus.

Usaha konveksi Surabaya yang memiliki perlengkapan lebih banyak dan canggih, akan memiliki kapasitas produksi yang lebih tinggi dari pada usaha konveksi yang memiliki alat lebih sedikit. Dengan demikian pemesan perlu membaginya secara proporsional sesuai dengan kapasitas produksinya masing – masing.

Dengan demikian alat pelindung diri yang dibuat, kualitasnya tetap dapat memenuhi standar sesuai dengan yang dipesan.

Penutup

Sebagai salah satu penyedia jasa konveksi di Surabaya, CANVAS GARMENT, menyediakan layanan pembuatan berbagai macam jenis pakaian dengan cepat dan biaya yang terjangkau, tentunya dengan hasil yang berkualitas. Jangan ragu untuk menghubungi kami untuk bertanya lebih lanjut tentang informasi jasa konveksi kami.