LABEL-BRAND-KAOS.jpg

Banyak yang Tidak Tahu Komponen dan Kata Kata Pada Label Kaos 

Saat ini Anda akan memulai sebuah bisnis berjualan baju kaos, dan ingin memiliki brand sendiri. Yang terlebih dilakukan dulu setelah menyelesaikan dan mematangkan rencana bisnis Anda adalah mencari konveksi kaos. Setelah itu Anda akan sangat membutuhkan branding jika sudah memiliki nama brand, dan salah satu yang harus dilakukan yaitu menambahkan label pada kaos Anda. Bagi Anda yang masih awam dalam bisnis ini mungkin tidak tahu apa saja komponen dan kata kata label kaos yang harus dicantumkan.

Dan pada kondisi seperti ini hal yang harus dilakukan adalah meniru, mengamati, dan modifikasi contoh brand yang sudah ada. Namun sebaiknya juga harus mengetahui tentang label dan penggunaanya agar bisnis yang dimulai berjalan lancar. 

Untuk diketahui saat selesai order baju kaos dari konveksi kaos, baju kaos yang Anda dapat itu masih polos dan pemberian label harus dilakukan. Penambahan label pada kaos adalah upaya branding yang diyakini mampu meningkatkan penjualan hingga 80%. Berikut ulasan cara menambahkan label kustom pada baju kaos.

Cara Menambahkan Label Kaos Kustom

Setelah baju yang dipesan sudah ada untuk menambahkan label Anda memiliki opsi diantaranya

  • Memasang sendiri label Anda
  • Menggunakan jasa penjahit memasang label Anda

Jika Anda memilih untuk memasang sendiri tentu ini akan menambahkan pekerjaan yang terkadang perlu teknik dalam pengerjaanya. Memang memiliki keunggulan dari segi kebebasan pemasangan label namun akan sangat sulit jika tidak terbiasa dengan hal ini. 

Memasang label sendiri juga diyakini menghemat pengeluaran karena tidak perlu membayar jasa tambahan. Namun begitu Anda tetap saja perlu mengeluarkan biaya untuk pembuatan label nya. 

Opsi kedua jika Anda memilikinya, Anda harus mengetahui bahwa ada produsen kaos yang terkadang menyediakan jasa pemasangan label. Hal ini diyakini meminimalisir pekerjaan Anda dan sudah dilakukan oleh ahlinya untuk Anda. Namun hal yang harus diketahui bahwa terkadang hal ini sedikit membatasi Anda dalam penempatan pemasangan label karan ada sebagian yang membatasi hanya pada satu tempat saja. 

Ada tips yang sebaiknya diketahui yaitu apapun yang jadi pilihan Anda selalu lah berpikir jangka panjang. Hal ini mestinya dilakukan jika Anda memang menginginkan bisnis ini dilakukan terus menerus dan terus berkembang. 

Komponen dan Kata Kata Label Kaos

Label kaos berdasarkan cara pemasangannya ada 2 macam yang pertama label yang ditempelkan pada kaos baik dengan cara di sablon atau printing. Dan satu lagi label gantung yang biasa kita lihat label ini digantung pada baju baik di bagian leher atau di bagian bawah baju. 

  • Label Brand 

Berguna untuk menampilkan brand atau merek Anda kepada calon pembeli. Label ini adalah salah satu komponen utama dari label kaos. Kata kata label kaos ini berisikan nama brand, bisa juga logo brand Anda. Bisa didesain dengan font yang menarik, jelas dan memiliki ciri khas yang bisa jadi daya tarik.

Ukuran label lipatan pesan, font dan logo semuanya akan berkontribusi pada citra merek Anda. Materi juga penting. Kain satin memberikan nuansa yang lebih halus dan lebih ringan daripada label tenun damask, sedangkan tenunan tafeta tebal memberikan nuansa retro vintage yang cocok dengan penawaran merek Anda. Bahkan jenis benang dapat mengatur nada. Benang berkilauan seperti Lurex, jika ditenun dengan selera tinggi, dapat memberikan nuansa kemewahan premium.

  • Label Saran Perawatan

Label ini mungkin ada pada semua brand terkenal yang pernah Anda lihat, karena ini sudah menjadi standar untuk produk yang akan dipasarkan di berbagai negara maju. Biasanya konveksi di Indonesia ada yang sudah membekali produk jadi mereka dengan label ini tapi tidak semua. Dan hal ini harus jadi perhatian Anda selanjutnya. 

Biasanya label saran perawatan berikan informasi tentang bahan pembuatan kaos serta saran pencucian dan perawatanya. Kata kata label kaos yang biasa ditemui adalah “do not wash bleach”, Biasanya dilabel ini berisikan gambar gambar sebagai informasi untuk perawatan. Disini terkadang juga mencakup bahan kaos. 

  • Label Ukuran atau Label Size

Seperti yang telah diketahui label size ini dimiliki semua produk kaos yang ada dipasaran. Kata kata label kaos ini berisikan ukuran seperti “ S, M, L, XL, XXL” dan seterusnya. Karna kaos juga ada yang reguler fit atau all size terkadang tidak menampilkan size nya.

Label ukuran tentulah sangat penting sebagai sarana informasi yang harus diketahui calon pembeli. Apalagi saat ini penjualan banyak dilakukan melalui online, tentu saja Anda tidak ingin pelanggan kecewa karna tidak adanya label ukuran pada barang yang dibeli. Sebagus apapun desain yang telah dibuat dan bahan yang sangat nyaman maka tentu saja tetap harus menampilkan label size. Untuk penempatanya ada yang menempelkan label size terpisah sendiri dari label lainnya.

  • Label Ayunan atau Label Harga

Ini biasanya terletak pada leher dan ada juga pada bagian lain tapi secara umum ada pada leher. Label gantung atau ayunan sangat mudah dikenali karena kebanyakan orang pasti akan melihat ini di toko Anda saat akan membeli produk. Label ayunan berisikan informasi seperti brand, size, dan juga harga. Memang tidak ada aturan mutlak mengenai konten dalam label gantung ini semua terserah pada kreatif Anda. Satu hal lagi label gantung tidak dibatasi jumlahnya mau lebih dari satu pun tidak masalah kembali lagi pada kebutuhan dan kemampuan brand Anda.