label-kaso-distro-1024x743-1.png

Jenis dan Fungsi Label Kaos Distro untuk Branding dan Peningkatan Penjualan

Jika Anda sudah memikirkan label untuk kaos distro, maka ini bukan hanya sekedar hobi tapi sudah menjamah nilai komersial. Dan tujuan komersil sudah jelas ingin mendapatkan keuntungan dari apa yang telah diupayakan. Dan yang tak kalah pentingnya sebelum memilih label Anda harus memilih konveksi kaos yang bagus untuk produk Anda nantinya.

Umumnya ada empat jenis label dan masing masing memiliki fungsi masing masing. Diantaranya adalah label brand atau merek, label ukuran, label saran pencucian, dan label gantungan ini juga biasa digunakan untuk tempel harga.

Jadi sudah sepatut nya hal ini dipikirkan sebaik baik mungkin, mengingat hal ini akan mendorong penjualan. Umumnya produk yang memiliki nilai komersial atau untuk dijual memiliki label yang menampilkan identitas produk atau hanya sekedar memberikan info. 

Tidak hanya label tapi juga tag ayunan atau label gantung yang biasa kita lihat di brand brand kaos ternama. Label gantung dan label yang menempel pada kaos akan meningkatkan nilai dari sebuah produk. Faktanya nilai branding bisa lebih tinggi dari pada modal sebuah produk, berlaku untuk semua produk. Begitu juga dengan kaos distro akan menigkatkan daya jual, dan juga menandakan kualitas produk tersebut.

Label Kaos Distro itu seperti apa?

Distro (distribution store) atau distribution outlet  adalah jenis toko di Indonesia yang menjual pakaian dan aksesori yang dititipkan oleh pembuat pakaian, atau diproduksi sendiri. Distro umumnya merupakan industri kecil dan menengah yang sandang dengan merk independen yang dikembangkan kalangan muda. 

Jadi distro sendiri identik dengan outlet atau store tempat menjual pakaian yang independen atau diproduksi sendiri. Produksi sendiri memberikan keleluasaan terhadap produk yang akan dijual. Label kaos distro ini memiliki fungsi yang vital dalam industri pakaian, dikarenakan hal ini jadi komponen penting yang harus dimiliki. Dan untuk diketahui ini adalah langkah kecil yang akan menjadi penentu keberlangsungan produk kedepan.

Label kaos sendiri terdiri dari label pada baju dan label gantungan masing masing label ini memiliki tujuan yang sama untuk mendorong penjualan. Selain itu juga sebagai identitas produk, makanya komposisi antara label gantungan dan label pada baju ada yang sama ada yang tidak. 

Fungsi Label Kaos dan Jenisnya

Label kaos umumnya memiliki fungsi memberikan informasi tambahan terkait produk, namun di beberapa negara label kaos wajib dicantumkan. Yang terpenting untuk diketahui diperkirakan ada atau tidak ada label pada produk kaos Anda akan mempengaruhi penjualan lebih dari 50%. Jadi Anda bisa melihat seberapa pentingnya label untuk produk kaos Anda kedepanya.

Label kaos ada bermacam dan masing masing punya fungsi masing masing, setiap label ini terkadang digabung dan terkadang dipisah penempatannya. Berikut jenis label kaos dan fungsinya

1. Label Brand Kaos Distro atau Label Merek

Penjahit biasanya menjahit label brand dileher namun saat ini tidak hanya ada di leher. kreatifitas produsen kaos membuat label ini bisa ditempatkan di tempat lain. Ini adalah iklan abadi yang menghubungkan bisnis Anda dengan kaos yang dibuatnya. Saat orang yang mengenakan kaus Anda melihat label Anda di garis leher, mereka akan merasa bahwa mereka mengenakan barang berkualitas tinggi yang membuat mereka merasa nyaman. 

label brand ini biasanya nya bisa berupa sebuah logo brand, bisa berupa inisial brand, dan nama lengkap dari brand tersebut. Apapun bentuk dan jenis tulisan yang digunakan yang jelas kaos distro Anda harus punya label brand, dan mulailah memikirkannya.

2. Label Ukuran 

Label ukuran berfungsi untuk menjelaskan Kesesuaian fisik Saat Anda memesan kaos kosong untuk pelabelan ulang, biasanya akan ada label ukuran yang ditempelkan di leher atau lipatan pinggul. Bergantung pada negara tempat Anda membeli (… dan negara tempat Anda menjual) Anda mungkin tidak perlu melakukan banyak hal di sini, tetapi disarankan adalah selalu periksa sampel kaos Anda dengan pita pengukur sebelum memesan label ukuran tambahan 

Ada standar ukuran yang berbeda di setiap benua. Misalnya, “AS kecil” sangat berbeda dengan “Jepang kecil”.  telah ditemukan bahwa ukuran dada pada kaos pria berlabel S dapat bervariasi sebanyak 6 inci (dari 32 inci hingga 38 inci). Hal yang sama berlaku untuk kaus pria berlabel L (ukuran besar pria bisa berkisar antara 38 hingga 46 inci, tergantung negara asal).

3. Label Perawatan Cuci 

Label ini dapat ditenun dengan warna hitam-putih atau putih-hitam – apa pun yang dibutuhkan – dan dapat menentukan semuanya mulai dari suhu pencucian hingga instruksi ‘jangan gunakan pemutih’. Ini sangat penting untuk membantu konsumen menjaga kaos mereka tetap terlihat baru, dan tetap terawat.

4. Tag Ayun atau label gantung

Memang penting untuk mencantumkan logo dan nama merek Anda di garis leher kaos Anda. Tetapi jika Anda menjual ke toko, maka swing tag akan menjadi hal yang sangat penting.  Itu adalah kartu bisnis produk Anda sendiri – ini harus memasarkan bisnis Anda dan menyisakan banyak ruang untuk fungsi praktis seperti stiker harga pengecer. Dengan kata lain label gantung juga biasa digunakan untuk penempatan label harga.