Jenis Bahan Kain Jasa Konveksi Surabaya

Mengenal Jenis Kain Konveksi Baju

Jenis bahan kain yang digunakan dapat mempengaruhi kualitas maupun kenyamanan produk yang dibuat dengan jasa konveksi Surabaya, sehingga hal ini perlu diperhatikan saat mengajukan desain sebuah produk.

Pada jasa konveksi Surabaya, banyak sekali jenis kain yang dapat digunakan sebagai bahan dasar pakaian maupun produk lain yang dipesan, sehingga kadang membuat bingung pemesan yang belum memahami jenis-jenis kain.

Padahal agar kualitasnya tetap terjaga, kain yang digunakan sebagai bahan dasar perlu disesuaikan dengan jenis produk maupun desain yang digunakan pada saat membuat pesanan dengan menggunakan jasa konveksi Surabaya.

Sayangnya belum banyak yang memahami jenis kain serta karakteristiknya, sehingga tidak jarang pada saat produk yang dipesan sudah jadi kualitasnya berkurang, karena karakteristik kain yang digunakan tidak sesuai dengan jenis pakaian atau produk yang dipesan.

Untuk itu berikut ini kami sampaikan beberapa jenis kain yang umum digunakan sebagai bahan dasar suatu produk pada jasa konveksi Surabaya, dengan demikian Anda dapat lebih mudah pada saat akan memilih jenis kain yang akan digunakan sebagai bahan produk pesanan Anda.

 

Beberapa Jenis Bahan Kain

  1. Kain Kanvas. Kanvas adalah kain tenunan polos yang biasanya terbuat dari benang katun tebal dan benang linen atau serat sintetis. Sifat kain ini kaku dan kuat, tidak mudah sobek, sehingga biasanya pada jasa konveksi Surabaya, bahan ini digunakan sebagai bahan produk outdoor, seperti spanduk, banner dan lain-lain.
  2. Kain Wool. Merupakan jenis kain yang terbuat dari bulu domba atau kambing, misalnya kain Kasmir yang dibuat dari bahan bulu kambing kasmir dan kambing pashmina. Karakternya lembut dan bersifat dapat menahan panas, sehingga kain ini cocok untuk bahan pakaian hangat seperti sweater dan sejenisnya.
  3. Kain Sifon. Merupakan kain tenun polos, tipis dan ringan, yang jika dilihat permukaannya sedikit berkilau, namun akan terasa kasar pada saat disentuh. Kualitas maupun harga kain ini berbeda-beda, tergantung bahan dasar pembuatnya, yang biasanya bisa dari perpaduan serat alami seperti kapas dengan sutra atau serta sintetis seperti rayon dengan polyester.
  4. Kain Krep. Terbuat dari serat sutra, wol, atau sintetis yang ditenun dengan tampilan berkerut dan bergelombang yang khas, serta memiliki bobot yang ringan hingga sedang. Kain Krep bisa digunakan untuk membuat pakaian, seperti gaun, jas, blus, celana, dan lainnya. Selain itu juga populer digunakan sebagai dekorasi rumah seperti tirai, gorden, dan bantal.
  5. Kain Sutera. Kain ini telah dikenal sebagai bahan pakaian yang mewah semenjak ratusan tahun yang silam. Kain ini terbuat dari serat kepompong ulat sutra yang dipintal dan kemudian ditenun menjadi kain. Biasanya jasa konveksi Surabaya jarang menggunakan bahan ini, karena harganya yang mahal dan jarang yang memesan produk dengan bahan Sutra asli.
  6. Kain Katun. Katun merupakan kain yang dibuat dari serat kapas, teksturnya sedikit kaku namun nyaman digunakan sebagai pakaian, karena dapat mendatangkan rasa sejuk dan menyerap keringat dengan baik.
  7. Kain Linen. Mirip dengan katun, namun terbuat dari serat rami, dan lebih kuat dari pada katun.
  8. Jersey. Jersey adalah kain rajut yang lembut dan elastis, awalnya kain ini dibuat dari wool, namun saat ini Jersey juga dibuat dari berbagai bahan seperti serat katun, campuran katun, maupun serat sintetis, sehingga bahan ini sering digunakan untuk membuat kaus.
  9. Modal. Kain modal adalah kain semi sintetis yang terbuat dari pulp pohon beech yang digunakan terutama untuk pakaian, seperti pakaian dalam dan piyama, serta barang-barang rumah tangga, seperti seprai dan handuk. Modal adalah sejenis rayon maupun tekstil nabati lainnya, namun sedikit lebih tahan lama dan fleksibel daripada rayon. Modal sering dicampur dengan serat lain seperti kapas dan spandeks untuk menambah kekuatannya. Modal dianggap sebagai tekstil mewah karena sifatnya lembut dan biayanya produksinya yang tinggi, sehingga harganya lebih mahal daripada katun atau viscose.
  10. Muslin. Merupakan kain katun yang ditenun longgar yang dibuat dengan menggunakan teknik tenunan polos. Muslin dikenal sebagai bahan yang digunakan dalam pro
    totipe busana untuk menguji pola sebelum memotong dan menjahit produk akhir. Kain muslin sangat ideal untuk pola pengujian, karena ringan dan gauzy sehingga mudah untuk dijahit.
  11. Organza. Organza adalah kain tenun polos yang ringan dan tipis yang aslinya terbuat dari sutra, namun dewasa ini dibuat juga dari serat sintetis, terutama poliester dan nilon. Kain sintetis sedikit lebih tahan lama, tetapi kainnya sangat halus dan mudah robek dan robek. Organza juga ditandai dengan lubang yang sangat kecil di seluruh kain, semakin banyak lubang menunjukkan kualitas organza yang lebih baik. Pada jasa konveksi Surabaya, Organza sangat populer untuk dibuat sebagai gaun pengantin dan pakaian malam, karena kualitasnya yang berkilau dan tembus cahaya yang menciptakan siluet dekaden.
  12. Polyester. Polyester adalah serat sintetis buatan yang dibuat dari petrokimia, seperti batu bara dan minyak bumi. Kain polyester dicirikan oleh sifat tahan lama; namun buruk bagi sirkulasi udara dan tidak menyerap cairan. Campuran polyester juga sangat populer karena dapat menambah usia bahan serta menambah kekuatan pada kain lain, sedangkan campuran bahan kain lainnya membuat poliester menjadi lebih nyaman dan sejuk untuk digunakan.
  13. Kain satin. Memiliki ciri permukaan yang lembut dan berkilau di satu sisi, dengan permukaan yang lebih kusam di sisi lainnya, yang menjadi ciri hasil dari teknik tenun satin.
  14. Spandeks. Juga dikenal sebagai Lycra atau elastane, Spandex adalah serat sintetis yang memiliki karakteristik sangat elastisitas. Spandeks dipadukan dengan beberapa jenis serat lain untuk menambah kelenturannya. Kain ini digunakan untuk segala hal mulai dari jeans hingga pakaian olahraga hingga kaus kaki.
  15. Kain Beludru. Beludru adalah kain lembut dan terlihat mewah yang ditandai dengan tumpukan serat yang padat yang sangat lembut. Pada jasa konveksi Surabaya, selain digunakan untuk aksesoris pakaian dan perlengkapan rumah, kain beludru jensi tertentu juga populer untuk pakaian malam dan gaun untuk acara-acara khusus.
  16. Viscose. Viscose adalah jenis kain rayon semi sintetis yang terbuat dari bubur kayu yang digunakan sebagai pengganti sutra, karena memiliki permukaan yang serupa dengan kesan halus dan terlihat mewah, serta biaya produksi yang lebih murah dari sutra. Jenis kain ini adalah kain serbaguna yang digunakan untuk pakaian seperti blus, gaun, dan jaket, serta untuk karpet dan pelapis di sekitar rumah.

 

kain-roll-300x200.jpg

 

Selain menggunakan bahan tekstil, produk yang biasa dibuat pada jasa konveksi Surabaya juga dapat menggunakan kulit sebagai bahan dasarnya. Bahan kulit sendiri ada yang terbuat dari kulit hewan asli, biasanya kulit sapi atau kambing, dan ada juga yang terbuat dari bahan sintetis.

Bahan kulit yang terbuat dari kulit hewan asli biasanya harganya lebih mahal dari yang terbuat dari bahan sintetis yang saat ini lebih banyak digemari, karena selain harganya lebih murah, perawatannya juga tidak sesulit produk berbahan kulit hewan asli.

 

Penutup

Sebagai salah satu penyedia jasa konveksi di Surabaya, CANVAS GARMENT, menyediakan layanan pembuatan berbagai macam jenis pakaian dengan cepat dan biaya yang terjangkau, tentunya dengan hasil yang berkualitas. Jangan ragu untuk menghubungi kami untuk bertanya lebih lanjut tentang informasi jasa konveksi kami.