cara-mengukur-baju

Banyak yang Salah! Cara Mengukur Baju dan Celana yang Benar

Sebagai seorang penjahit tentu saja Anda harus bisa mengukur baju bukan? Apa jadinya jika ternyata baju yang Anda hasilkan tidak sesuai dengan ukuran tubuh pelanggan Anda? oleh karena itu Anda harus paham bagaimana cara mengukur baju yang tepat.

Ada dua cara mudah dalam mengukur badan untuk membuat baju bagian atasan atau dress panjang.

  1. Dengan cara mengukur badan langsung.
  2. Mengukur baju memang sudah pas di badan Anda

Biasanya Anda menggunakan satuan centimeter (cm)

Cara Mengukur Baju Badan langsung.

Lebih mudah, Anda bisa minta bantuan kepada teman Anda untuk mengukur badan Anda. Anda bisa menggunakan meteran fleksibel seperti meteran yang biasa dipakai penjahit. Jika hanya ada penggaris, maka Anda bisa menggunakan tali serta panjangnya bisa diukur dengan penggaris atau menggunakan meteran biasa.

a. Cara mengukur lingkar dada

Meteran Anda lingkarkan di sekeliling badan melalui buah dada yang diukur pas + 4cm

b. Lebar Punggung atau Pundak

Diukur dari batas tengah sampai lengan kiri sampai kanan

c. Lingkar Pingggang

Ukur sekeliling pinggang +2cm

d. Lebar Bahu

Ukur dari tubuh dari lekuk leher sampai pada bagian ujung bahu

e. Lingkar Kerung Lengan

Ukurlah sekeliling kerung bagian lengan dari bagian bawah ketiak kemudian diselakan atau dimasukkan dua jari

f. Panjang Bagian Lengan Pendek

Ukur dari bagian ujung bahu sampai dengan bagian siku untuk lengan pendek, sampai panjang yang diinginkan untuk bagian lengan panjang.

g. Panjang baju

Ukur dari bagian ujung bahu atau pundak sampai dengan panjang baju yang dikehendaki oleh Anda

Cara Mengukur Baju Sendiri

Untuk lebih mudah dalam mengukur baju sendiri, paling mudah adalah dengan menggunakan baju Anda yang sudah ada dan yang paling pas untuk badan Anda sendiri.

Cobalah pakai salah satu baju atau pakaian yang paling nyaman dipakai, kemudian dilepas, kemudian taruh di lantai.

Siapkan meteran yang Anda punya, atau bisa menggunakan penggaris biasa.

a. PUNDAK, ukur dari ujung bagian pundak ke ujung bagian pundak satunya. Apabila dikehendaki lingkar leher tertentu tidaklah standar, tambahkan panjang dari sambungan jahitan tersebut di bagian krah sampai ujung bagian pundak.

b. PANJANG TANGAN, ukur panjang tangan, dari ujung pundak Anda, sampai panjang yang dikehendaki oleh Anda(bisa ditambah atau dikurangi dari contoh baju yang Anda miliki)

c. LEBAR DADA. Bagian ini diukur, lebar dada diukur pas sambungan dibawah bagian ketiak kemudian ukurlah lebarnya saja, dikalikan dua juga bisa untuk mengetahui lingkarnya.

d. LEBAR PINGGANG. jika di bagian pinggang ukurannya beda dengan sampel baju, diukur juga. Akan lebih kecil dari dada untuk yang memiliki badan langsing.

Bila perutnya besar, lebih besar dari panggul atau dada, maka perlu dibuat sama antara lebar pinggang dengan lebar dada atau pinggul Anda.

e. LEBAR PANGGUL. ukur lebar bagian panggul Anda, atau lebar ujung baju dengan model atasan (blus, kemeja, dll)

f. PANJANG BAJU. Panjang baju yang akan Anda ukur harus diukur dari sambungan jahitan di krah (leher) atau bagian pundak Anda, sampai panjang yang Anda dikehendaki, bisa pas, dikurangi, atau bisa juga ditambahkan.

g. Bagian lain yang perlu diukur bila diinginkan adalah lebar tangan. Diukur pada bagian ujung tangan, dan jika diinginkan beda dari standar biasa, pangkal lengan juga bisa Anda beri ukuran.

Lihat Video Berikut Cara mengukur baju

Demikian cara mengukur baju yang tepat menurut penulis, semoga bisa menjadi bahan acuan untuk Anda yang akan membuat baju dengan menjahit sendiri atau sedang belajar menjahit.

Read More
Konveksi Garment Surabaya - Konveksi Surabaya

Tips Penting ketika anda Memilih Jasa Konveksi Baju

Konveksi kaos yang berada di Indonesia memang tidak bisa di pandang sepele. Mereka sangat banyak dengan produksi yang cukup beragam.

Jika Anda ingin membeli kaos untuk keperluan bersama, tentu memilih konveksi ialah pilihan yang terbaik. Namun apabila Anda belum berpengalaman, Anda harus berhati-hati dalam memilih jasa konveksi kaos. Jangan sampai Anda tertipu atau menderita kerugian.

Beberapa tips untuk memilih jasa konveksi kaos adalah :

  1. Cari atau daftarlah terlebih dahulu konveksi-konveksi yang dekat dengan lingkungan Anda. lebih utamakan mendaftar konveksi yang berada di sekitar lokasi Anda. Karena akan berpengaruh pada budget nantinya,
  2. Mengunjungi pabrik untuk melihat proses produksi. Kadang-kadang memang kenyataan tidak sesuai yang di janjikan. Untuk meminimalisir hal ini, Anda bisa mendatangi secara langsung konveksi tersebut,
  3. Pilih konveksi yang sudah di percaya dan memiliki nama yang baik di masyarakat. Jika masyarakat sudah percaya dengan kualitas konveksi tersebut, tentu Anda tidak perlu meragukannya.

Salah satu konveksi kaos yang memiliki kualitas yang tidak diragukan lagi ialah Canvas Garment. Mereka telah lama melintang di dunia konveksi, dan Anda tidak mungkin bisa meragukan kualitas yang mereka berikan, harga yang mereka tawarkan pun tidak mahal namun kualitas bisa dijamin. Jadi bila Anda ingin memesan kaos dengan berbagai desain, Anda bisa langsung mempercayakan nya ke Canvas Garment Konveksi.

Read More
berbagai macam kain

Informasi Jenis Bahan Kain

Berikut adalah beberapa jenis bahan untuk pembuatan T-Shirt yang dapat dipilih:


Cotton / Katun

Jenis kain bahan kaos katun ini dibagi menjadi dua macam, yaitu Cotton Cotton Combed dan Cotton Carded

  1. Cotton Cotton Combed
    Serat benang lebih halus, hasil rajutan dan penampilan lebih rata dan halus. Daya tahan terhadap shrinkage (susut bahan) cukup baik
  2. Cotton Carded
    Serat benang kurang halus, hasil rajutan dan penampilan bahan kurang rata dan agak kasar. Daya tahan terhadap shrinkage (susut bahan) kurang baik

Karena terbuat dari bahan katun 100% / serat kapas, kedua jenis bahan Cotton ini bisa menyerap keringat sehingga dingin dan nyaman ketika digunakan. Bahan Cotton juga memiliki beberapa jenis ketebalan bahan, Cotton 20s adalah yang paling tebal, 24s agak tebal, 30s tipis dan 40s yang paling tipis.

TC (Teteron Cotton)
Jenis bahan ini adalah campuran dari Cotton Cotton Combed dan Polyester. Dibanding bahan Cotton 100%, bahan TC kurang bisa menyerap keringat dan agak panas di badan. Kelebihannya jenis bahan TC lebih tahan ’shrinkage’ (tidak susut atau melar) meskipun sudah dicuci berkali-kali.

CVC (Cotton Viscose)
Jenis bahan ini adalah campuran dari 55% Cotton Cotton Combed dan 45% Viscose. Kelebihan dari bahan ini adalah tingkat shrinkage-nya (susut pola) lebih kecil dari bahan Cotton. Jenis bahan ini juga bersifat menyerap keringat.

Polyester / PE

Jenis bahan ini terbuat dari serat sintetis atau buatan dari hasil minyak bumi untuk dibuat bahan berupa serat fiber poly dan yang untuk produk plastik berupa biji plastik. Karena sifat bahan dasarnya, maka jenis bahan ini tidak bisa menyerap keringat dan panas dipakainya. Bahan PE biasanya digunakan sebagai solusi untuk kebutuhan kaos dengan budget yang minim, tetapi ingin tetap mendapatkan kaos yang tidak terlalu tipis. Bahan kaos PE memang bukan katun seperti TC. Bahan ini terbuat dari serat plastik polyester. Bahan ini biasa digunakan untuk kaos partai, kaos pilkada, kaos promosi, kaos event, kaos souvenir dll.

Hyget
Bahan Hyget biasa digunakan untuk kaos partai dan kaos bola. Bahan jenis ini merupakan bahan yang termurah diantara bahan-bahan kaos. Bahannya mengkilat dan tidak menyerap keringat saat digunakan. Bahan hyget sendiri dibagi menjadi hyget tipis, hyget sedang, dan hyget tebal. Hyget tipis biasa digunakan untuk kaos partai, pilkada, dan kampanye. Hyget sedang biasa digunakan untuk kaos promosi, kaos event, kaos tour, kaos bola, dll. Sedangkan hyget tebal merupakan bahan yang bisa didapat dengan budget murah tetapi tetap berkualitas. Hyget tebal biasa digunakan untuk promosi, event, family gathering, souvenir, bola atau futsal, dll.

Untuk mendapatkan harga pesanan (Jaket/Kemeja/Kaos), silahkan mengirimkan data-data berikut ke email canvasgarment@gmail.com

1. Desain Pesanan
2. Desain Bordir / Sablon
3. Jumlah Order
4. Jenis Bahan (*Optional)

Kami akan segera menfollow up dan mengkalkulasi harganya. Harga bervariasi tergantung dari ke – 4 data tersebut.

Jika Anda tidak tahu bahan apa yang akan digunakan, cukup infokan ke kami data no 1-3 saja, kami akan berikan harga untuk semua jenis bahan yang dapat digunakan mulai dari yang Budget Rendah, Budget Menengah, sampai Budget Tinggi.

Jumlah minimal order untuk seluruh jenis produk adalah 24 pcs per desain, semakin banyak jumlah order, harga tentu akan semakin murah.

Read More